Kamis, 22 Agustus 2013

baybiii

Diposting oleh nitnot di 23.52
Saat mulai ngejalanin cuti besar per 3 juni kemaren, ternyata saya udah hamil 4 minggu. Jadinya,cuti yang awalnya buat ngurus suami sekalian program hamil digunain buat ngurus suami sambil ngurus kehamilan.

Dari awal,kami sepakat untuk periksa kehamilan ke dokter perempuan, dan Alhamdulillah Allah swt memudahkan segalanya. Dekat rumah  mertua,ada seorang dokter kandungan perempuan yang buka praktek. Akhirnya..disitulah saya periksa kehamilan mulai minggu ke 4.

Singkatnya, saya periksa setiap 2 minggu sekali. Memasuki minggu ke 6, belum terlihat embrio di layar USG. Minggu ke 8, kembali cek dan tetep ga keliatan. Dokter pun nyaranin berdoa yang kenceng. Lalu di minggu ke 10, dokter tetep ga ngeliat embrio hanya plasenta dan rahim yang membesar saja. Keputusan Final, dokter bilang Blighted Ovum dan harus dikeluarkan melalui proses kuret. Begitu denger keputusan itu -saya sih ga berasa apa apa karena insya Allah ikhlas- suami kelihatan agak shock.

Layaknya ibu baru, saya dan suami coba cari informasi dan second opinion mengenai apa yang  terjadi. Diantar teteh sepupu, saya berangkat ke Klinik Aster RSHS Bandung. Niatnya ke dr Ruswana tapi beliau ga ada di tempat. Akhirnya saya request ke suster minta dokter yang enak di ajak konsultasi karena bingung saking banyaknya dokter disitu :D. Lalu suster nyaranin untuk ketemu dr.Dian Tjahyadi,Sp.Og.

Ketemu ama dr Dian, jelasin masalah nya trus dokternya nyuruh periksa dalam alias transvaginal . Wadduuuh... mana dokter laki2 pula :( tapi mau gimana lagi? Dari hasil pemeriksaan, dokter dian nyimpulin bukan BO (blighted Ovum) karena terlihat embrio sebesar 2 cm. Yang terjadi adalah missed abortion alias abortus tertunda. Janin diperkirakan meninggal 2 minggu yang lalu, dan melekat kuat di dinding rahim. Solusinya sama, kuret segera dan bius total. Alasannya karena janin melekat kuat dan tak ada flek selama kejadian. Tapi dokter dian takut terjadi pendarahan hingga harus kuret secepatnya.

Telpon suami, diputuskan untuk kuret hari sabtu 20 Juli 2013 di RSB Emma Poeradiredja yang dijalan Sumatera. Kebetulan dokter dian tjahyadi praktek juga di Emma. Hari kamis, nebus obat Cytotec 20ug 4 biji trus telpon dr Dian buat instruksinya. Katanya jumat pagi, 2 masuk via anal dan sisanya diminum per 12 jam.


Jumat pagi, perjuangan dimulai. Saya yang belom pernah ngelahirin, ga ngerti kalo Cytotec itu obat aborsi :D. Dokter Dian emang bilang,kalo mau pake obat harus ada orang lain di rumah karena nyebabin mulas untuk ngebuka jalan lahir. Cuma mungkin karena sayanya yang oon, saya ga aware. Jam 10.50 teteh nanyain kondisi mules atau nggak dan nanya udah berapa jam sekali mulesnya. Saya ga bisa jawab karena ga saya itung itu si mules. Mulai jam 11 siang baru saya ngeh kalo mulesnya udah 15 menit sekali. Tapi tetep santaaayyy :p

Jam 11.30 masih bisa makan. Lalu jam 2 siang udah mulai 10 menit sekali, lanjut jam 3 sore udah per 5 menit. Saya yang saat itu hendak ke rumah mertua -karena rencananya pas hari H kuret pergi dari rumah mertua- mendadak keluar keringet dingin. Saya tunggu mulesnya berhenti, tapi ternyata malah tambah menjadi :( Jam 4 sore saya hubungi dokter dian dan bilang kalo mulesnya udah ga tahan, udah ganti pembalut sampe 4x, trus masih nanya kapan selesai mulesnya?? *oon banget kan??* *ibu amatir* ;p

ALhamdulillah dokter dian itu juara banget baiknyaaa. Dia malah bilang,kalo udah ga kuat, dia mau nungguin saya sampei jam 9 malem di RS Emma untuk langsung tindakan. Ba'da maghrib, -setelah 2 jam ngerasain mules yang entah kapan selesainya- teteh dateng jemput buat ke RS Emma. Sampe RS Emma saya ga sadar kalo selama jalan, darah udah netes ke lantai dan bikin orang yang lihat sedikit histeris sementara si akunya anteng ga ngerasain apapun *getok pala*:p . Jam 19.30 usai bersih bersih dan ganti pembalut, saya dipasangi infus dan suntik alergi antibiotik. Ternyata dokter dian tuh udah nungguin saya dari jam selesai praktek sore -tapi maghrib anterin anaknya pulang dulu- Tapi jangan salah hampir per 30 menit sekali ngecek ke suster, pasiennya atas nama Ibu Nita - dan itu Saya- sudah datang belum. hufth..baik banget sih pak dokter iniii *terharu*

Tak lama menunggu, suster ngabarin kalo dokter dian sudah mau sampai ke RSB EMMA, lalu saya dibawa ke ruang operasi. Eh,nggak lama dr Dian muncul dari arah belakang, menyapa sambil senyum dan berusaha nenangin saya. Abis itu dateng dokter anestesi -karena saya bius total- ngecek segala macem, sambil masang Slang Oksigen. Udah gitu ngmong "kalo ibu ngantuk, berdoa ya bu.." Boro boro berdoa, itu juga omongan terakhir yang saya denger alias saya udah pengsan :)

Usai tindakan kuret -yang kata teteh, ga lama- masuk di ruang pemulihan sambil nunggu dibolehin pulang. Sementara saat itu saya ga ditemani suami karena dia masih di jalan tol menuju bandung. Baru jam 23.30 saya dan keluarga diperbolehkan pulang karena kondisi saya udah pulih. 

Sebulan sudah berlalu. Rasa kehilangan baru kerasa. Saya mencintai (calon) bayi yang pernah ada di rahim. Lupa bahwa saya tak mengucapkan kalimat apapun padanya. Mungkin itu juga yang menyebabkan saya sedih dan merasa bersalah. Padahal saat dia ada diperut, saya kerap mengajaknya ngobrol menyadari kehadiran makhluk kecil yang masih sangat rentan tapi tumbuh, berkembang dan hidup.

Dearest Baybii,,
" Terimakasih sudah pernah ada di perut Ibun, setia dengerin Abi ngoceh. Maafkan kami berdua yang belum bisa menjagamu dengan baik. Ibun dan Abi loves you dear Baybii.. "

23 Agustus 2013


0 komentar:

Posting Komentar

 

CATATAN HARIAN Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea